MISSI 1. Menyiapkan peserta didik yang beriman dan bertaqwa serta berakhlaq mulia, mempunyai kemampuan yang memadai dan beramal menuju terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. 2. Mengamalkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi kebudayaan dalam rangka menegakan dan menjungjung tinggi agama Islam. 3. Menjadikan Pondok Pesantren Nurul Firdaus sebagai lahan pengkaderan ulama, pendidik, kader persyarikatan dan kader bangsa dalam rangka melangsungkan dan menyempurnakan alam usaha

PONDOK PESANTREN NURUL FIRDAUS

VISI:

Pondok Pesantren Nurul Firdaus yang Berlandaskan Al-Qur'an dan Al-Sunnah dengan Watak Agent of Change menjadi Pondok Pesantren yang Memiliki Competitive Advantage dan Comparative Advantage di Priangan Timur Tahun 2015

Rabu, 30 Maret 2011

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN(SMK) NURUL FIRDAUS

YAYASAN PENDIDIKAN R. GAHARA

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

(SMK) NURUL FIRDAUS

Dusun Panoongan, Desa Kertaraharja, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis-Jawa Barat, Kode Pos 46263 Tlp.081323230058 dan (0265) 457070, Akta Notaris: Nomor 03, Tanggal 18 September 2000, Notaris: Drs. Abu Kasim, SH, Terdaftar di Kepaniteraan Pengadilan Negeri Nomor: 85 Tahun 2000, NPWP: 01.980.443.4-425.000

PENDAHULUAN

Sasaran pembangunan pendidikan di Kabupaten Ciamis pada prinsipnya diupayakan untuk mencapai visi dan misi pendidikan yakni, Visi Bidang Pendidikan : ”Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Ciamis yang Cerdas, Produktif dan Berahlak Mulia”. Secara garis besarnya berisi kekuatan untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Ciamis, menjadi masyarakat yang tanggap pada setiap perubahan serta sanggup menyesuaikan terhadap perubahan-perubahan yang terjadi, tidak mudah menyerah, bekerja keras menyongsong masa depan yang lebih baik, dilandasi dengan kebaikan hati dan rasa keimanan kepada Allah SWT, serta dilandasi oleh kebutuhan pada pendidikan yang lebih baik untuk meningkatkan kualitas hidup dan mampu mengimbangi arus perubahan pada setiap sektor yang kini semakin maju, kebutuhan pada kedamaian dan ketentraman hati yang dihiasi dengan ahlak mulia masyarakat Kabupaten Ciamis sehingga tercapai kehidupan yang nyaman, tentram disertai iman dan takwa.

Terbentuknya generasi muda Islam yang memiliki kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) yang beraqidah tauhid, taat beribadah, dan berakhlaq mulia, yang merupakan harapan orang tua, masyarakat, dunia usaha, dunia industri serta tuntutan globalisasi saat ini dan masa akan datang.

Untuk mewujudkan sistem pendidikan yang efektif, efisien, dan bertanggungjawab, mengandung makna bahwa pendidikan di Kabupaten Ciamis dapat terwujud lebih efektif dalam proses pembelajaran. Hal ini menjadi landasan pemikiran Yayasan R. Gahara – Panumbangan untuk segera mendirikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nurul Firdaus.

VISI:

SMK Nurul Firdaus yang berdasarkan Al-Quran dan Al-Sunnah dengan watak agent of change yang memiliki competitive advantage, comparative advantage, cerdas, kreatif, inovatif, menguasai tekhnologi komunikasi dan informasi ketaqwaan dan ahlaq yang mulia.

MISI:

Misi ditentukan sebagai berikut: (1) Menyiapkan peserta didik yang beriman dan bertaqwa serta berakhlaq mulia, mempunyai kemampuan yang memadai dan beramal menuju terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya; (2) Mengamalkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi kebudayaan dalam rangka menegakkan dan menjungjung tinggi agama Islam; (3) Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan tenaga berkualitas dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi; (4) Membangun masyarakat melalui penerapan hasil pembelajaran dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi.Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas dan kinerja SMK; (5) Memberdayakan alumni dalam rangka peningkatan peran dan citra SMK; (6) Menjadikan SMK Nurul Firdaus sebagai lahan perkaderan ulama, pendidik, kader persyarikatan dan kader bangsa dalam rangka melangsungkan dan menyempurnakan amal usaha.

ANALISIS POTENSI DAN TANTANGAN

Keberadaan Yayasan R. Gahara, pada hakekatnya adalah untuk memenuhi tuntutan dinamika pembangunan dan kebutuhan masyarakat, karena itu Yayasan R. Gahara harus mampu membina, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan keagamaan kepada masyarakat secara institusional, selain itu Yayasan R. Gahara harus dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk tumbuhnya kegiatan pembangunan.

Upaya pencapaian kondisi yang maksimal untuk tumbuhnya kegiatan pembangunan masyarakat yang seimbang dalam pencapaian target sasaran di atas diperlukan berbagai upaya pendekatan yang serasi dan menyenangkan oleh semua pihak yang terkait, salah satu upaya yang dianggap strategis untuk melahirkan sebuah lingkungan pendidikan yang mempunyai nilai tambah baik secara insaniah melalui kearifan imani maupun secara ekonomis adalah penyelenggaraan SMK dan pemenuhan sarana prasarana pendidikan yang sesuai.

Keberadaan Yayasan R. Gahara, pada hakekatnya adalah untuk memenuhi tuntutan dinamika pembangunan dan kebutuhan masyarakat, karena itu Yayasan R. Gahara harus mampu membina, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan keagamaan kepada masyarakat secara institusional, selain itu Yayasan R. Gahara harus dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk tumbuhnya kegiatan pembangunan.

Upaya pencapaian kondisi yang maksimal untuk tumbuhnya kegiatan pembangunan masyarakat yang seimbang dalam pencapaian target sasaran di atas diperlukan berbagai upaya pendekatan yang serasi dan menyenangkan oleh semua pihak yang terkait, salah satu upaya yang dianggap strategis untuk melahirkan sebuah lingkungan pendidikan yang mempunyai nilai tambah baik secara insaniah melalui kearifan imani maupun secara ekonomis adalah penyelenggaraan SMK dan pemenuhan sarana prasarana pendidikan yang sesuai.

Dari kondisi yang diuraikan di atas dapat diketahui jika keberadaan penyelenggaraan SMK Berbasis Pesantren Dusun Panoongan, Desa Kertaraharja Kec. Panumbangan Kabupaten Ciamis dapat memberikan banyak manfaat terutama dalam memenuhi di bidang teknologi informasi dan komunikasi dan upaya mempersiapkan diri di era pasar global. Era globalisasi pasar bebas mengakibatkan persaingan yang semakin ketat dan keras antar bangsa. Dalam situasi ini sangat terasa peran sumber daya manusia yang terdidik. Kebijakan tersebut sangatlah membantu memberikan motivasi bagi SMK kecil/ kelas jauh masih baru untuk mengarahkan tamatannya agar mempunyai peluang yang semakin besar untuk memasuki lapangan kerja baik di dalam maupun di luar negeri.

Bidang program keahlian ini menyiapkan siswa untuk dapat memasuki lapangan kerja serta mengembangkan sikap propesional di bidang multimedia. Siswa diharapkan mampu mengembangkan diri dalam bidang multimedia sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Program ini juga menyipakan siswa untuk prakerin (praktek kerja industry) setiap tahunnya. Hal ini bertujuan bahwa SMK berusaha untuk menyiapkan tamatannya agar menjadi warga negara yang agamis, produktif, dan adaptif


PERSIAPAN PENDIRIAN

Sumber calon peserta didik adalah lulusan SMP/MTs di sekitar Kecamatan Panumbangan dan juga lulusan SMP/MTs dari luar daerah yang sekalian akan belajar di pondok pesantren.


No

Nama Sekolah

Jumlah Siswa Kelas IX

(orang)

Ket.

1

SMP Negeri Panumbangan 1

346


2

SMP Negeri Panumbangan 2

126

3

SMP Negeri Panumbangan 3

52

4

SMP Satu Atap 1 Panumbangan

29

5

MTs N Banjarangsana

250

6

MTs N Kelas Jauh Banjarangsana

70

7

SMP Nurul Firdaus

0

8

SMP Miftahul Fallah

40

9

SMP Terbuka Panumbangan

30



JUMLAH

943


SMK, dikelola oleh tenaga profesional yang berpengalaman serta staf pendidik yang berlatar belakang pendidikan pesantren modern dan magister pendidikan. Tenaga pengajar TIK Nurul Firdaus sebagai berikut:

TEAM MANAGEMENT SMK NURUL FIRDAUS

No

Nama

Jabatan/Tugas Mengajar

1

Dr. Gumilar, S.Pd.,MM

Ketua Yayasan R. Gahara

2

Acep Sukasno, Drs.

Sekretaris Umum Yayasan R. Gahara

3

Emug Muchsin, Drs.,M.Pd.

Sekretaris 1 Yayasan R. Gahara

4

Saeful Bahkri, S.Ag.

Sekretaris 2 Yayasan R. Gahara

5

Enur Nurjanah, S.Pd.

Bendahara

6

Dadang Hendrayana, S. Pd.

Kepala SMK Nurul Firdaus

7

Titin Rosmiati, S.Pd.

PKS Kesiswaan

8

Maman Usman, S.Ag.

PKS Sarana/Prasarana

9

Tatan Kurnia, S. Pd.

PKS Humas

10

Aris, S.Pd.

PKS Kurikulum

11

Acep Sukasno, Drs.

Bimbingan dan Penyuluhan

12

Max Sopyan, S.E.,MM

Kewirausahaan

13

Emug Muchsin, Drs, M. Pd

Mulok (ESQ)

14

Anang Suryana, S.Pd.

Penjaskes

15

Dadang Hendrayana, S.Pd.

IPA

16

Eneng Lesti, A. Md Kep

Kimia

17

Aris, S.Pd.

Fisika

18

Maman Usman, S. Ag

PAI

19

Tatan Kurnia, S. Pd

Bahasa Inggris

20

Dadan Suandana, S. Pd

Bahasa Indonesia

21

Cecep Ali Saepul Malik, S. HI.

Mulok Kepesantrenan

22

Agus Ruhiat, S.HI.

PKn

23

Mamah Maryani, S.Pd.

IPS

24

Reni Rikmayanti, S.Pd.

Matematika

25

Titin Rosmiati, S.Pd.

Seni Budaya

26

Ade Ramdani, ST.

KKPI

27

Teguh Setiawan, A. Md.

Dasar Kejuruan Multimedia

SMK Nurul Firdaus, dikelola oleh tenaga kependidikan yang berpengalaman yang berlatar belakang pendidikan pesantren modern dan magister pendidikan. Tenaga kependidikan sebagai berikut:

TENAGA KEPENDIDIKAN SMK NURUL FIRDAUS

No

Nama

Jabatan

1

Engkos Kosasih

Kepala Tata Usaha

2

Wawan Kurniawan

Stap Tata Usaha

3

Fatimah, S.Pd.

Stap Tata Usaha

Sarana prasarana yang tersedia sementara untuk memperlancar proses belajar mengajar sebagai berikut:

Nama Ruangan

Jumlah Kebutuhan

Yang ada

Jumlah

Luas

Keadaan

R. Kantor

1

1

4 X 6 m2

Baik

R. Kelas

1

1

8 X 15 m2

Baik

R. Lab Komputer

1

1

8 X 6 m2

Baik

R. Perpustakaan

1

1

4 X 6 m2

Baik

R. Ibadah / Mesjid

1

1

6 X 7 m2

Baik

R. MCK

2

2

5 x 2.5 m2

Baik

PEMBIAYAAN

Biaya operasional dan biaya pembangunan dan pengembangan diperoleh dari dana swadaya dari Yayasan R. Gahara dan pihak lain yang tidak mengikat dan mengatur, sah serta halal.

RENCANA PENGEMBANGAN SEKOLAH

Program pendidikan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) Teknologi Informasi dan Komunikasi bersifat terpadu yang di dalamnya terdapat pendidikan kepesantrenan.

Kurikulum yang dikembangkan yaitu kurikulum Pendidikan Nasional (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP) dan kurikulum pendidikan pesantren secara berimbang.

Bahasa Arab dan Bahasa Inggris merupakan bahasa pengantar yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Kegiatan harian santri yang wajib diikuti:

No

Mata Pelajaran Pesantren Umum

Pengajar

1

Bahasa Arab

Asep Ruli Sugiarto, S.HI

2

Fiqih

Euis Ismayanti

3

Imu Alat dan Muhadoroh

Maman Usman, S.Ag.

4

Muhadassah

Fatimah

5

Qiroat

Maman Usman, S.Ag.

6

Ulumul Quran

Agus Ruhiat, S.HI.

7

Ulumul Hadis

Cecep Ali Saepul Malik, S.HI.

8

Aqidah Ahlaq

Milah Jamilah

9

Sejarah Kebudayaan Islam

Teni Trisnawati, S.Pd.I

No

Mata Pelajaran Pesantren Khusus

Pengajar

1

Qiroa’atul Qur’an dan Tajwid

Maman Usman, S.Ag.

2

Hadist: Hadist Arbain & Muchtarulhadist

Asep Ruli Sugiarto, S.HI

3

Tauhid : Tijan Ad Darori & Sulamuttaufik

Cecep Ali Saepul Malik, S.HI

4

Fiqih: Safinatunnaja & Fathulqorib

Euis Ismayanti

5

Ilmu Ahllaq: Ta’lim Muta’alim , Ahlaqulil Banin, & Ahaqulil Banat

Eneng Lesti, A.Md.Keb.

6

Ilmu Alat (Shorof Kailani & Tasrifan)

Agus Ruhiat, S.HI

PENUTUP

Hal lain yang belum termuat dan belum lengkap akan diperbaiki sesuai dengan keperluan. Demikian proposal ini dibuat dengan sebenarnya, untuk dijadikan bahan pertimbangan lebih lanjut.

Ciamis, Februari 2010

Ketua,

Sekretaris,

DR. GUMILAR, S.Pd.,MM

ACEP SUKASNO, Drs.


0 komentar:

Posting Komentar